Rachmawati

Go
“Membangun Kebiasaan Menulis Melalui Blogger”

Go "Blog" Dengan Blogspot

Oleh : Rachmawati

Menulis bukanlah sesuatu yang sulit, bukan juga hal yang mudah. Menulis butuh keseriusan, Niat dan fokus. Menulis bukan hanya sekedar meletakkan tangan di atas keyboard computer atau menggoreskan pena di atas kertas, melainkan butuh kerangka berpikir yang jelas, konsep yang matang dan tentunya kemampuan untuk menerjemahkan apa yang dimaui otak ke dalam bahasa tulisan.

Tidak semudah mengucapkan, terlebih bagi yang belum terbiasa. Namun bagi siapa saja yang ingin bisa menulis, modal utamanya adalah kemauan., mau salah atau benar yang penting buatlah sebuah tulisan, setelah berbentuk rangkaian kalimat, kesalahan akan bisa dikoreksi kemudian. Berlatih dan teruslah berlatih, hingga tulisan menjadi sempurna, jangan mau sempurna tapi tak pernah membuat tulisan.

Umumnya yang terjadi pada yang ingin menulis adalah belum menulis saja sudah timbul ketakutan dari diri sendiri. Untuk mengatasi ketakutan dalam membuat tulisan diperlukan sebuah motivasi, dari diri sendiri ataupun orang lain. Tentu yang lebih mudah adalah mendapat motivasi dari orang lain seperti dari orang tua, teman, pasangan hidup atau lainnya. Namun sejatinya yang paling ampuh adalah motivasi dari diri sendiri, karena diri sendirilah yang paling memahami dan mengerti apa yang dikehendaki..

Dengan latihan akan mengasah kemampuan kita sehingga membuat menulis menjadi mudah. Selain itu, latihan-latihan tersebut tidak akan berguna jika tidak ada seorangpun yang mengoreksi tulisan kita. Orang lain terkadang punya pandangan berbeda terhadap tulisan, sehingga ia bisa memberi masukan dan kritikan bagi penulis untuk meningkatkan tulisannya.Di atas itu semua, seorang penulis harus memiliki motivasi agar ia bisa istiqomah dalam kepenulisan. Seringkali ditemukan penulis yang berhenti menulis karena kesibukannya. Demikian yang pak Arif Surachman (Pustakawan dan akademisi Universitas Gajah Mada) sampaikan pada kegiatantemukonsultasipustakawan se KaltimdanKaltara. Senin , 21-22 September 2015, bertempat di ruangbalaipustaka, dimana Kegiataninidifasilitasi oleh Badan Perpustakaan Provinsi Kaltim untuk Pustakawan yang ada di Kalimantan Timur demi mewujudkan eksistensi pustakawan yang terampil menulis.

Andaingin menulis tapi.... tidak percaya diri.Tidak tau apa yang ingin ditulis, tidak punya waktu, gak mood, atau tak tau harus mulai dari mana, siapa yang akan menerbitkan, siapa yang akan membaca...”. Pertanyaan ini umumnya timbul dibenak kita sendiri sehingga kita takut untuk memulainya.

Jawaban dan Solusi dari semua pertanyaan dibenak anda adalah dengan membuat tulisan di Blog, menulis bisa anda akses dimana saja dan kapanpun bahkan melalui media HP Android yang kita miliki. Blog adalah sebuah website tak berbayar yang bisa anda buat dan rancang sekehendak hati anda, membuat tulisan kisah perjalanan hidup keseharian, menulis resep masakan terbaru yang kita peroleh, menulis pengalaman pertama putra-putri kita, menulis kisah traveling, kisah sedih serta bahagia dalam kehidupan dan lain sebagainya.

Dengan Blogger kita tak perlu khawatir tulisan kita tak dibaca orang atau tulisan kita gak ada yang mau menerbitkan. Dengan Blogger kisa bisa menulis kapan saja dan menerbitkan kapan saja jika kita ingin tulisan kita dibaca oleh orang lain. Tak perlu menunggu waktu berbulan-bulan atau bahkan tahunan agar tulisan kita bisa dibaca orang. Sudah bukan jamannya orang menunggu berita koran esok pagi untuk dapat dibaca khalayak.


Sejalandenganperkembanganzaman, ilmupengetahuandanteknologiinformasiserta
alat komunikasiyang semakincanggihmendapatkanpengetahuanjauh lebih mudah, karenasemuaitudapatdicarimelalui media internet, yang sekarangdikenaldengansebutanGoogle.Salah satualamatsitus yang dipopulerkanolehgoogleadalahsitus yang kitakenalyaituaplikasi blog atau weblog.Melalui blog inikitadapatmembuatsebuahtulisan dalam bentukinformasi, pengetahuan, bahkanhal-hal yang sifatnyapromosidengancaramempostingnyamakatulisan dapatdibaca dan dilihatoleh orang lain ataupengunjung yang membutuhkaninformasi yang diposting. Aplikasi Blog merupakan situs website yang tidak berbayar alias gratis.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian dan sebagai media publikasi Individu maupun instansi. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.yang dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut

SebagaiPustakawan, janganlahhanyabisamengambilinformasidanmengomentari blog orang lain saja. Akan tetapikitajugaharusmampumembuat website atau blog sendiri, agar orang lain jugadapatberkunjungke website/blog anda. Selainmelatihandamembuat blog yang menarikjugadapatmengasah proses berpikirdan mencaripengetahuansertamengembangkanpengetahuan yang telahandamiliki. Manfaat dari blog yang kita buat adalah sebagai sarana menyalurkan bakat menulis dan sebagai sumber informasi kepada khalayak yang ingin anda bagikan. Blog bisa dijadikan sebagai online diary yang dapat diupdate secara berkala.


Adabanyaklayanan yang menyediakanWebsite Gratis, beberapadiantaranya : Blogger.com, Wordpress.com, Blogdetik.com, Blog-roll.info, Wordblog.pl, webley.com danmasihbanyaklagi

Mengapa saya menggunakan blog karena hanya Blog lah yang didukung oleh Google sehingga untuk menampilkan tulisan bergambar (webpicassa) atau tulisan yang dibarengi Video (you tube), proses loadingnya sangat cepat di banding website lainnya. Hal ini sudah saya buktikan melalui website pribadi saya dengan link : rachm4wati.blogspot.comdan website perpustakaan bunga bangsa dengan link : perpusbb.blogspot.com

Untuk mengetahui cara membuat blog sederhana melalui blogger silahkan kunjungi website perpustakaan digital Bunga bangsa di Website Perpustakaan Bunga Bangsa dengan klik gambar Koleksi Buku Digital atau link : perpusbbdigital.blogspot.compilih ilmu terapan akan tampil judul bukuGo Blog dengan Blogspot.comyang sampul bukunya seperti gambar disamping. Cara membuatnya sangat mudah syarat utamanya anda harus memiliki alamat email melalui gmail.com, kemudian ikuti langkah-langkah yang sudah saya buat dalam buku tersebut, maka website anda pun siap untuk anda isi tulisan dalam bentuk apa saja yang terpenting tidak mengandung sara dan merugikan orang lain. Jika anda ingin nge-Share postingan orang lain dengan Copy Paste tidak masalah selama kita mencantumkan sumber asal Postingan tersebut dengan menulis link postingan. Hal ini dilakukan untuk menghindari “Plagiarisme” (Tindakanmengambilkarya, ide, pendapat&pemikiranseseorangbaiksebagianatauseluruhnyatanpamemberikaninformasisumbernyasecaratepatdanmemadaisehinggaseolah-olahitumerupakankarya, ide, pendapatdanpemikirankitasendiri).

Ayo menulis, dimulai dari diri sendiri, dan dimulai dari sekarang, jangan menunggu untuk memulai suatu tulisan.

Saya bukanlah seorang penulis yang handal, tapi saya mau belajar menulis hal-hal kecil dan belajar dari kesalahan-kesalahan tulisan yang saya buat untuk lebih baik lagi. Jangan marah dan patah arang jika ada yang mengkritik tulisan kita, karena kritikan akan memberi peran besar dalam perubahan dan kemajuan pada setiap tulisan yang kita hasilkan. Ayo menulis agar ilmu yang sudah kita peroleh dari “Temu Konsultasi Pustakawan” selama dua hari kemarin yang difasilitasi oleh Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur, membuahkan hasil, seperti yang diharapkan oleh Kepala Badan Perpustakaan Provinsi Ibu Dra.Hj.Sri Sulasmi RetnoW.,M.Si dan Bapak Drs.H.Sumindar, M.Si, Kabid pengembangan dan Pembinaan Badan Perpustakaan Provinsi Kaltim. “Jangan hanya menjadi petugas buku semata, hasilkanlah sebuah tulisan sebagai wujud eksistensi pustakawan dimasyarakat“, Ucap Bapak Sumindar saat menutup kegiatan Temu Pustakawan Kaltim.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali