Rachmawati

Mengenalkan Ulat Buku Pada Siswa di Pekan Ceria GPMB

Mengenalkan Ulat Buku Pada Siswa di Pekan Ceria GPMB

Siang tadi kubatalkan agenda penyerahan hadiah lombaposter pada kegiatan Language English Art Festival (LEAF) yang diselenggarakan oleh siswa(i) SMA Islam Bunga Bangsa. Sebelumnya mohon maaf buat anak2 panitia LEAF SMAIBB yg mengamanahi penyerahan hadiah lomba poster tidak bisa saya wujudkan karena berbenturan dengan jadwal Pekan Ceria Baca yang sudah diamanahkan lebih dulu padaku sebagai pengurus Daerah GPMB. Di SDN 008 Lempake. Terima kasih atas kepercayaaannya sbg juri lomba poster bersama pak Haryanto.

Sore ini cuaca gerimis. ada rasa khawatir siswa(i) takkan hadir meramaikan agenda Pekan Ceria Baca GPMB, ternyata dugaanku salah. sebahagian siswa telah ramai berkumpul meski guru piket belum hadir mendampingi. karena cuaca yang masih gerimis, Penjaga sekolah mengarahkanku untuk berkumpul di ruangan kelas 3 yang usai digunakan pada kegiatan mi'raj sekolah. sedikit permainan ice breaker kuberikan agar mereka tak jenuh menunggu kedatangan mobil pusling. begini ya rasanya.... menjadi relawan. dibutuhkan kesabaran ekstra dan keikhlasan.


Anak-anak yang berkumpul tak sabar menanti kedatangan mobil Pusling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kaltim. saat mbil pusling datang mereka sangat senang dan siswa tetap menunggu buku yang akan diberikan mengingat kondisi yang becek dan basah dihalaman sekolah SDN 008 Lempake, Joyo Mulyo.

Setelah buku didapatkan siswa(i) saya beri sedikit penjelasan mengenai tata cara penulisan dan pengisian Ulat Buku yang akan mereka isi. Bagi Ulat buku yang pengisiannya benar maka mereka akan memperoleh bingkisan dariku.

Adapun Langkah-langkah pengisisan badan ulat buku sebagai berikut :

  1. Siswa memilih sebuah buku cerita
  2. Siswa menulis nama, kelas
  3. Siswa membaca buku yang dipilih setelah dibaca, sisw menuliskan Judul Buku, Pengarang/Penulis cerita, Tokoh yang digemari serta Penerbit buku cerita
  4. Hasil Ringkasan siswa dikumpulkan dan dinilai ketepatan pengisiannya

Dari hasil pengisian ulat buku siswa yang mengisi dan menjawab dengan tepat adalah :

- 1 orang siswa kelas 1,

- 2 orang siswa kelas 4,

- 1 orang siswa kelas 3

- 1 orang siswa kelas 5

- 1 orang siswa kelas 6

Selain kegiatan meringkas buku bacaan bersama Ulat Buku, siswa(i) yang hadir disuguhkan dengan aksi dongeng 3 orang kakak dari kampung dongeng. binaan Ibu Fitri Susilowati.

Tepat pukul 5 Kak Agung dibantu kak Devi mengumpulkan buku pusling yang telah dibaca.

Pekan Ceria Baca GPMB Usai bersama cuaca yang sudah mulai bersahabat, semoga tim yang hadir hari ini tetap semangat untuk meningkatkan minat baca di provinsi tercinta ini.

Menerapkan Ulat Buku pada kegiatan Pekan Ceria Baca GPMB, membuatku yakin bahwa setiap anak hanya kekurangan fasilitas buku yang akan dibaca. Dan banyak diantara anak2 tak mengenal point penting dari sebuah buku. Melatih mereka mengenal identitas buku cukup membuatku bahagia dan senyum2 sendiri. Karena banyak diantara mereka tidak mengenal apa itu tokoh dalam sebuah buku. Berharap usaha ini bisa meningkatkan minat baca diantara mereka. Klo sudah minat secara otomatis mereka akan gemar untuk membaca.

#SemangatLiterasi

#SalamLiterasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Saya tertarik dengan buku ulatnya Bu Rachmawati.

01 May
Balas

Saya tertarik dengan buku ulatnya Bu Rachmawati.

01 May
Balas

Saya tertarik dengan buku ulatnya Bu Rachmawati.

01 May
Balas

monggo bapak di praktekkan di kelas dengan mencontoh gambar ulat buku yang ada. untuk tahap awal/pengenalan konsep ulat buku saya buat seperti diatas. pada badan pertama berisi nama dan kelas siswa, kedua judul dan tokoh yang digemari, badan ketiga penulis dan penerbit. Disekolah kami sduah menerapkan pada badan ulat berisi isian, semua komponen buku yaitu : nama, kelas, judul buku, tokoh yang digemari, penulis dan penerbit. bagi siswa yang sudah menulis sebanyak 30 judul buku bacaan (badan ulat buku) maka akan diberikan reward berupa piagam penghargaan

02 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali