Rachmawati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Monas dan Kuarnas Mengajak Anak Mengenal Pahlawan

Monas dan Kuarnas Mengajak Anak Mengenal Pahlawan

Mengenal Pahlawan diera gadget merupakan sebuah tantangan yang besar, mungkin tak menarik kalau hanya disampaikan secara verbal. Butuh tips dan trik agar anak-anak berminat untuk lebih mengenal Pahlawan nasional melalui suatu permainan. Dan permainan monopoli Pahlawan Nasional ini bisa dijadikan alternative.

Ide itu tercetus saat ingin mengikuti sayembara penulisan Bahan Bacaan Gerakan Literasi Nasional 2017, untuk membantu kegiatan belajar mengajar pada pelajaran Sejarah, dimana anak-anak dimasa sekarang, sangat banyak yang tidak mengenal Pahlawan Nasionalnya, lalu tertuanglah ide membuat buku dengan dilengkapi sebuah permainan yang saya sebut MONAS atau “Monopoli Pahlawan Nasional dan KWARNAS “Kwartet Pahlawan Nasional”, yang pola bermain dan alat bantu yang digunakan, hampir sama dengan monopoli dan kwartet konvensional pada umumnya.

Belajar sambil bermain adalah alternative lain mengajari siswa lebih mengenal pahlawan Indonesia. Guna buku sebagai bahan bacaan, agar siswa mengetahui jawaban dari tiap pertanyaan yang diberikan saat mendapat Sanksi permainan.

KWARNAS

Kwartet Pahlawan Nasional

Permainan kwartet. Merupakan permainan yang menggunakan kartu sebanyak 40 dan keempat puluh kartu tersebut terbagi atas 10 kelompok, masing masing kelompok itu tentu saja memiliki tema dan tiap kelompok kartu terdiri dari 4 kartu. misalnya Pahlawan Yang Berasal Dari Aceh, berarti memiliki 4 kartu dengan nama-nama pahlawan yang berasal dari aceh yaitu Cut Nyak Dhien, Teuku Umar, Cut Mutia dan Tengku Cik Di Tiro.

Cara bermainnya gampang, dibutuhkan pemain maksimal 4 orang, yang kemudian akan dibagikan dengan 8 kartu secara acak. selanjutnya secara bergiliran pemain meminta pada lawannya kartu kartu yang termasuk dalam kelompok kartu yang dimilikinya. nah pemain yang memiliki kelompok kartu terbanyak pemenangnya.

Metode Pembelajaran

Permainan Kwartet Pahlawan Nasional merupakan media belajar yang dilakukan secara berkelompok menggunakan Kwartet sebagai alat pembelajaran dimana siswa diajak bermain sambil belajar.

Mengenal Pahlawan Nasional Indonesia, mungkin tak menarik kalau hanya disampaikan secara verbal. Butuh tips dan trik agar anak-anak berminat untuk lebih mengenal Pahlawan Bangsanya melalui suatu permainan. Dan permainan Kwartet ini bisa dijadikan alternative.

Pesan yang Terkandung

Dengan “Permainan Kwartet Pahlawan Nasional” ini diharapkan akan mempermudah dan meningkatkan minat siswa untuk mengenal Pahlawan Nasional Indonesia.

Link

MONAS

Monopoli Pahlawan Nasional

Berbeda dengan permainan monopoli konvensional yang hanya menggerakkan bidak dari satu kotak kekotak selanjutnya berdasarkan dadu yang dilontarkan, monopoli ini mengajak anak untuk lebih mengenal Pahlawan Nasional yang ada di Indonesia melalui permainan ini, jadi Buku ini tak hanya sekedar bahan bacaan melainkan juga mengajak siswa untuk bermain.

Permainan Monopoli bergambar Para Pahlawan Nasional Indonesia ini juga menyediakan lembar papan permainan monopoli, kartu Sanksi sebagai hukuman dan kartu hadiah dari setiap pertanyaan yang ada pada kotak di lembar monopoli :

- Jika anak bisa menjawab pertanyaan yang ada didalam kotak maka dia akan mendapat kesempatan membuka kartu hadiah dan mengikuti instruksi pada kartu tersebut,

- jika tidak bisa menjawab berarti anak tidak berhak mendapat kartu hadiah

- jika anak masuk pada kotak Tidur maka anak akan mendapat kartu sanksi sebagai hukuman.

yang akan memenangkan permainan adalah anak yang lebih duluan sampai di garis finish dan menempati kotak sesuai peringkat masing-masing.

Jika pada permainan monopoli konvensional jumlah pemain adalah 5 orang 4 orang yang bermain dan seorang lagi sebagai Bankir. Pada MONAS ini, jumlah pemainya sama, yaitu 5 orang, 4 Orang adalah Pemain Inti dan satu orang adalah guru pendamping yang bertugas memberi pertanyaan dari setiap kotak kepada empat pemain lainnya juga bertugas sebagai pemberi hadiah dan sanksi

Alat yang digunakan pada permainan ini :

1. Lembar Monopoli Pahlawan Nasional

2. Dadu

3. Kartu Sanksi dan Hadiah Untuk Anak Cerdas

Aturan bermain :

1. Pemain terdiri dari empat anak dan didampingi oleh guru pembimbing untuk mengecek benar atau tidaknya jawaban dari setiap pertanyaan yang diajukan.

2. Penentuan Memulai langkah dilakukan dengan Hompimpah.

3. Sama dengan monopoli pada umumnya, yang melangkah mengikuti jumlah pada dadu dan mengikuti instruksi yang ada pada tiap kotak dilembar monopoli

Jika ingin mendownload permainan Monopoli dan Kuarnas silahkan klik :

http://rachm4wati.blogspot.co.id/2018/02/permainan-monas-dan-kwarnas.html

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Siip saya juga banyak membuat permainan seperti itu ibu, untuk kegiatan pembelajaran

14 Feb
Balas

Anak2 akan lebih cepat paham jika pembelajaran disampaikan sambil bermain ya pak

14 Feb

Mantap bu

14 Feb
Balas

Terima kasih

14 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali